Diklatsar 2011

Pendidikan Latihan Dasar yang diadakan oleh PANACEA FK UGM merupakan acara tahunan yang memiliki banyak peminat, begitu pula DIKLATSAR 2012 tahun ini. Program pelatihan ini dimulai sejak tanggal 24 Maret 2012. Dengan biaya pendaftaran Rp80.000,00 para peserta mendapatkan banyak sekali ilmu dan pengalaman. Program pelatihan ini terdiri dari kuliah pada tanggal 24 dan 31 Maret serta 7 April 2012. Kemudian evaluasi pada tanggal 14 April 2012 dan terakhir adalah evakuasi pada tanggal 28-29 April 2012.

Dengan jumlah peserta yang mencapai lebih dari 200 peserta, program kegiatan ini telah menjadi perhatian besar khususnya bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran angkatan 2011. Keseluruhan peserta tersebut kemudian dibagi menjadi 23 kelompok kecil yang nantinya menjadi kelompok kepemanduan.

Program DIKLATSAR diawali dengan materi kuliah. Pada kuliah minggu pertama para peserta mendapatkan materi basic life support, triase dan evakuasi. Kemudian pada minggu kedua para peserta mendapatkan materi trauma, syncope, pendarahan dan navigasi darat. Khusus minggu kedua ini, selain mendapat materi kuliah, para peserta juga menjalani sebuah games seru navigasi darat yang dipandu oleh tim ERA dari TBMM PANACEA. Sedangkan untuk minggu ketiga, para peserta mendapatkan materi-materi kuliah yang cukup padat yaitu, hypothermia, luka bakar, gigitan binatang, keracunan, asma dan epilepsy.

Selain kuliah, setiap minggunya selalu diadakan pula kepemanduan dengan kakak-kakak pembimbing dari TBMM. Kepemanduan ini bersifat kelompok, dari tiap-tiap kelompok kecil yang sudah dibagi, akan dipandu oleh dua hingga tiga kakak pembimbing. Kegiatan kepemanduan ini sangat membantu peserta dalam memahami langkah-langkah penanganan berbagai keadaan yang telah dipelajari. Selain diberikan post test, para peserta juga dapat berlatih secara langsung dalam sesi kepemanduan ini. Tak lupa kegiatan kepemanduan juga merupakan bagian dari penilaian serangkaian kegiatan Pendidikan Latihan Dasar 2012.

Di minggu ketiga kuliah, seluruh peserta memberikan saran untuk acara DILATSAR tahun ini, dan hampir seluruh peserta menikmati kegiatan DIKLATSAR 2012. Secara keseluruhan kegiatan DIKLATSAR 2012 mendapatkan apresiasi yang sangat baik.

Dengan slogan ‘YES SIR, WE’ll SAVE YOUR LIFE’ seluruh peserta tampak selalu antusias mengikuti serangkaian program DIKLATSAR tahun ini. Hingga evaluasi 14 April lalu , 23 kelompok peserta dengan semangat mengelilingi kampus FK UGM dan mempraktekan ilmu yang telah mereka peroleh selama kuliah dan kepemanduan. Segala ilmu yang diujikan pada saat evaluasi juga akan diujikan kembali pada saat evakuasi yang diadakan pada 28-29 April 2012. Kegiatan evakuasi merupakan kegiatan terakhir DIKLATSAR 2012 dan merupakan acara puncak dari serangkaian kegiatan DIKLATSAR 2012.

Semoga seluruh materi dalam DIKLATSAR 2012 ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta. Semoga kelak akan melahirkan tim bantuan medis yang super dan luar biasa.

‘YES SIR, WE’LL SAVE YOUR LIFE’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *