Gizi Peduli Indonesia (GPI): Dari Ibu Sehat untuk Generasi Cerdas

Gizi Peduli Indonesia (GPI): Dari Ibu Sehat untuk Generasi Cerdas

HIMAGIKA FK UGM menjadi tuan rumah dari acara GPI wilayah II ILMAGI. Acara ini diikuti 41 orang peserta dari 9 universitas yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Ngudi Waluyo, Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO), Univesitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), STIKES Borneo, Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Brawijaya (UB), Univesitas Jenderal Soedirman (UNSOED), dan Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS). Sebelumnya GPI juga telah diselenggarakan oleh IPB (wilayah I) dengan 60 peserta dan UNHAS (wilayah III) dengan 13 peserta.

Acara GPI kali ini mengusung tema ‘Ibu Sehat untuk Generasi Cerdas Indonesia’ dengan menyorot masalah anemia pada wanita usia subur (WUS). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu-ibu tentang masalah anemia dan penanggulangannya sehingga dapat mengurangi angka kejadian anemia serta melatih softskill peserta dalam memberikan penyuluhan atau konsultasi.

GPI berlangsung tanggal 4-6 Mei 2012 di FK UGM dan di salah satu dusun dari desa binaan FK UGM, yaitu dusun Mojosari. Setelah Welcoming Party pada hari pertama di Auditorium FK UGM, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dan pelatihan yang oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta tentang pengetahuan dan keterampilan dalam menjadi tenaga kesehatan dan kader muda sadar anemia defisiensi besi pada WUS. Ada juga pelatihan tanggap bencana bagi para peserta yang dipandu oleh Taruna Siaga Bencana (TAGANA). Hari kedua, dilakukan pembinaan masyarakat di dusun Mojosari berupa diklat anemia pada WUS, peer konseling remaja oleh Dra. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D, dan diskusi kelompok WUS yang dipandu oleh para delegasi. Hari ketiga diisi dengan kegiatan layanan kesehatan, pengecekan golongan darah, bakti sosial, dan lomba memasak antar RT.  Acara kemudian ditutup dengan ucapan terima kasih dari pantia dan pidato penutupan oleh perwakilan warga.

Acara ini mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi baik dari delegasi dan ibu-ibu di dusun Mojosari. Dari ketua panitia, Dini Kurniadita, berharap jika ada acara seperti ini lagi para delegasi, peserta, dan panitia dapat lebih berbaur dan antusias.