Olympiart dan Olympicilin: Ajang unjuk bakat FK UGM

Pendapat yang salah jika seseorang itu tidak memiliki bakat tersembunyi, atau seseorang itu hanya memiliki 1 bakat spesial yang ia miliki seumur hidupnya”,  mungkin ungkapan inilah yang bisa menggambarkan alasan dari Departemen Minat Bakat BEM FK UGM untuk menyelenggarakan ajang penjaringan bakat di FK UGM. Melalui dua buah kegiatan yang spesial yaitu Olmpiart dan Olympicilin, Departemen Minat Bakat BEM FK UGM berhasil mengangkat dan memunculkan bakat terpendam yang dimiliki oleh mahasiswa FK UGM. Kedua kegiatan merupakan kegiatan tahunan di FK UGM, yaitu Olympiart puncak acara dan penyerahan penghargaan disebut Olmpicilin.

Olympiart merupakan kegiatan pertandingan olahraga antarprogram studi dan angkatan yang ada di FK UGM. Cabang olahraga yang digelar di acara Olympiart antara lain bulutangkis, tenis meja, tenis lapangan, renang, bilyard, catur, dan lari. Di cabang seni ada akustik dan vocal group. Pelaksanaannya dimulai sejak awal bulan Desember 2012. Cabang lari dilaksanakan di Lapangan Pancasila, Renang di DSC, bulutangkis di SMP 1 Yogyakarta, dan beberapa tempat lain termasuk di lingkungan FK sendiri. Olimpiart diikuti oleh 7 tim dari semua prodi dan angkatan. Pendidikan Dokter (2012, 2011, 2010, 2009), Pendidikan Dokter Inter, Ilmu keperawatan, dan Gizi Kesehatan.

Acara puncak dari kegiatan Olmpiart digelar di Olympicilin. Olympicilin, merupakan malam penyerahan penghargaan kepada para pemenang pertandingan di Olympiart. Diadakan pada tanggal 4 Januari 2013, bertempat di Auditorium Fk UGM. Acara tersebut dimeriahkan oleh pemenang akustik dan vocal group, selain itu ada stand up commedy dan yang paling spesial penampilan dari guest star Batiga. Pada acara ini diumumkan para pemenang di setiap cabang pertandingan diantaranya, renang dimenangkan oleh PD 11, tenis meja oleh PD 11, catur oleh PD inter, biliard oleh PD 11, tenis lapangan oleh PD 10, lari oleh IK, akustik PD 10, vocal group PD 12, dan bulu tangkis PD 09. Juara umum dari semua pertandingan di Olympiart adalah kontingan dari Pendidikan Dokter 2011, juara II Pendidikan Dokter 2010, juara III Pendidikan Dokter 2009 dan supporter terheboh adalah supporter dari Pendidikan Dokter 2009

Menurut Rofiudin Ali atau yang biasa disapa Rofi selaku ketua penyelenggara kedua kegiatan tersebut, acara Olympiart dan Olympicilin antusias dari peserta juga lumayan besar, hanya saja yang mungkin disayangkan adalah antusias penonton dan suporter dari masing masing peserta kurang maksimal.

Pesan yang bisa disampaikan oleh Rofi kepada kepanitiaan acara selanjutnya adalah “untuk membangun acara yang baik hanya membutuhkan kepanitiaan yang kuat, tapi memerlukan persiapan yang matang, tegas, jelas karena ini menyakut peraturan dan jadwal meski tidak terlalu formal tapi harus tegas dan jelas, jadwal juga kita perlu mengenal banyak orang sehingga mudah dalam meminjam tempat. Dan kedepannya persiapan itu menjadi sangat penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *