PPSMB FK UGM 2012 PROTUBERANTIA : Tiga Hari Membentuk Generasi Muda Berjiwa Kepahlawanan Menuju Tenaga Kesehatan yang Ideal

PPSMB FK UGM 2012 yang bernama PROTUBERANTIA (Pekan Rangkaian Orientasi Tumbuhkan Rasa Kepahlawanan Tenaga Kesehatan Indonesia) telah terlaksana pada 29 Agustus 2012 untuk Technical Meeting dan 31 Agustus 2012 hingga 2 September 2012, setelah sebelumnya pada tanggal 30 September 2012 dilaksanakan PPSMB Universitas.

Dalam 3 hari tersebut, para mahasiswa baru FK UGM angkatan 2012 atau Gadjah Mada Muda (Gamada) FK UGM 2012 diharapkan mampu mengambil manfaat, pelajaran maupun inspirasi dari kegiatan maupun materi yang diberikan serta pembentukan karakter diri menjadi apa yang tertuang dalam nilai-nilai yang ditanamkan, yakni H.E.R.O.E.S. Secara bahasa, Heroes dalam bahasa inggris diartikan sebagai pahlawan, karena sejatinya profesi tenaga kesehatan nantinya ialah pahlawan yang akan mengabdi pada masyarakat. Selain itu, H.E.R.O.E.S merupakan penjabaran dari Humanity-Equity-Religious-Organize-Ethic-Smart and skillful. Sejatinya, itulah karakter yang diharapkan dari para Gamada FK UGM 2012 : menjadi pahlawan tenaga kesehatan yang memiliki rasa kemanusiaan tinggi, beretika, mampu mengatur diri dan aktif berkontribusi, tetap menjadi kaum intelektual yang cerdas dan memilki segudang potensi dan keahlian, namun tidak melupakan untuk tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip agama.

Pada hari pertama, setelah dilakukan acara pembukaan yang dihadiri Dekanat FK UGM, para Gamada dikenalkan lebih jauh mengenai FK UGM baik dari segi sejarah, kefakultasan, maupun keprodian. Diharapkan para Gamada menghargai sejarah yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari FK UGM, mengenal sistem kefakultasan, dan tidak lupa pula untuk memahami 3 prodi yang ada di FK UGM terutama mengenai sistem belajar dan penilaian. Ada sesi sharing mengenai masalah akademik yang sering dihadapi oleh mahasiswa angkatan sebelumnya untuk memberi gambaran yang mungkin akan dihadapi para Gamada ketika perkuliahan dan cara mengatasinya. FK UGM memiliki 3 prodi yakni Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, dan Gizi Kesehatan. Hal ini jika dikaitkan dengan setting dunia kerja tenaga kesehatan nantinya, maka para Gamada perlu mengenal lebih lanjut mengenai IPE (interprofessional education) yang menitikberatkan pada kerja sama antar profesi tenaga kesehatan.

Hari berikutnya, para Gamada diajak untuk lebih mendalami mengenai esensi sebenarnya menjadi mahasiswa dengan konsep pergerakan mahasiswanya. Di hari ini lah para Gamada dikenalkan dengan KMFK dan organisasi-organisasi melalui expo lembaga. Selain melalui kontribusi di organisasi kemahasiswaan, sebagai calon tenaga kesehatan, para Gamada juga bisa mengambil peran dalam mengkampanyekan isu-isu kesehatan kepada khalayak luas, salah satunya melalui media yang kini cukup massif dan kuat untuk digunakan yakni media sosial.

Setelah mendapat kekuatan umum dan khusus menjadi kekuatan yang utuh, para Gamada diberikan nilai tambah mengenai manajemen diri. Ditampilkan tokoh-tokoh yang telah menjadi pahlawan di masyarakat yang dedikasi serta pengabdiannya dapat dijadikan inspirasi yang sangat berharga. Hari ketiga ini menjadi momentum para Gamada yang dirangkum melalui pemutaran film kegiatan PPSMB, pemberian penghargaan, dan tak lupa evaluasi. Sebagai persembahan terakhir, PROTUBERANTIA ditutup dengan manis oleh penampilan flashmob para Gamada.

Protuberantia dalam perjalanannya melalui begitu banyak gejolak, kritik, keluhan, saran serta pendapat juga aspirasi yang tersampaikan maupun tidak tersampaikan. Namun hal ini sejatinya seimbang dengan begitu banyak pula cita-cita luhur, keinginan, dan harapan terhadap adik-adik Gamada FK UGM 2012, kepada orang-orang yang menjadi keluarga, bagian dari KMFK UGM, generasi penerus peradaban FK UGM, rekan sejawat dan seperjuangan. Sesungguhnya pada masa-masa selanjutnya, baik di dunia perkuliahan, kemahasiswaan, dan dunia kerja nantinya, tidak ada lagi komponen panitia dengan nama-namanya yang khas itu yang membimbing bagaimana adik-adik Gamada bersikap dan membentuk karakter diri. Semua komponen panitia tersebut seyogyanya menjadi bagian dari diri adik-adik, karena adik-adik Gamada sendiri lah yang akan menentukan arah kehidupan dan karakter diri adik-adik. Tidak ada penghargaan yang lebih tinggi maupun pujian yang lebih indah selain menjadi saksi sejarah bagaimana adik-adik Gamada FK UGM 2012 mampu menanamkan nilai-nilai H.E.R.O.E.S pada diri adik-adik dan menyaksikan bagaimana cendekiawan-cendekiawan muda ini menjadi pahlawan yang mampu memberi perubahan yang lebih baik di negeri ini maupun gebrakan bagi dunia. PPSMB FK UGM 2012 : H.E.R.O.E.S We Are, Healthy You Are!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *