Indonesian Medical Olympiad (IMO 2013)

Indonesia Medical Olympiad (IMO 2013)

Nah ada yang oke di bulan September, ada yang tau apa? Jengjeng ada yang namanya IMO, apa itu IMO? IMO itu Indonesian Medical Olympiad, ini adalah olimpiade kedokteran yang diikuti seluruh Fakultas Kedokteran yang ada di Indonesia diantaranya UGM, UI, UNDIP, USU, UNHAS, dan ditahun ini ada 6 cabang perlombaan. Ada apa aja? Ada cardio respiratory, digesti, urogenital, muskuloskeletal, neuro psikiatri, dan infeksi.

Ada banyak perwakilan dari FK UGM lho untuk mengikuti IMO, namun yang masuk final hanya Stevanie dari pendidikan dokter 2011 dan Thariq pendidikan dokter 2010. Beliau mewakili FK UGM dalam cabang neuro psikiatri. Dan alhamdulillah beliau meraih juara 3 dan mendapat medali perunggu.

IMO pada tahun ini diselenggarakan pada 12-16 September 2013 di Universitas Airlangga. Dimulai pada hari pertama ada technial meeting dan penjelasan tata tertib acara. Dihari kedua ada seminar nasional. Nah inti lombanya ada dihari ketiga dan keempat. Dihari ketiga ada babak penyisihan, sistem lombanya dengan multiple choice dan ujian praktikum, setelah lolos dibabak penyisihan maka akan masuk ke babak final di hari keempat. Dihari keempat sistem lombanya multiple choice lagi tapi ditambah dengan OSCE dan SOCA PH. SOCA PH itu apa? Nah SOCA PH itu mempresentasikan mengenai kasus yang sudah diberikan oleh pihak panitia.

Banyak banget pengalaman yang didapat dari olimpiade ini. Mahasiswa FK UGM  juga sudah bisa nampil dan bersaing dengan mahasiswa FK dari Universitas lain apalagi kita mendapatkan juara 3. Semoga dengan ini dapat membakar semangat temen-temen untuk berprestasi dan membawa harum almamater kita terutama dikancah Nasional maupun Internasional. Tetap berprestasi dan tetap juara !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *