Tentang SINTESA

Poster Lomba (awal)

A. PENDAHULUAN

Secara global, dari tahun ke tahun terjadi peningkatan jumlah tenaga kesehatan. Begitu juga yang terjadi di Indonesia. Namun sangat disayangkan, karena peningkatan jumlah ini tidak seiring dengan peningkatan taraf kesehatan masyarakatnya. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini adalah distribusi dan konstribusi yang kurang merata.

Sebagai calon dokter, perawat, dan ahli gizi, yang kelak akan mengabdi sekaligus berkontribusi dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, hendaknya dapat dipahami bahwa profesi tersebut tidak hanya dapat dilakukan di rumah sakit atau pusat kesehatan masyarakat saja. Ada banyak peluang yang sebenarnya memiliki prospek cerah namun tidak banyak yang memanfaatkan kesempatan tersebut. Hal tersebut dapat terjadi karena banyak faktor, antara lain kurangnya informasi yang tersedia serta kurang aktifnya calon mahasiswa untuk mencari informasi tersebut.

Dengan diadakannya Seminar Jaminan Kesehatan Nasional 2014 “Era Baru Kesehatan (Bersama BPJS) dalam Kacamata Tenaga Medis”(Tema intinya tentang memeratakan pengetahuan JKN kepada seluruh akademisi terutama calon tenaga kesehatan, semacam evaluasi terhadap sistem JKN yang telah berlaku, belajar terhadap sistem ini yang telah berlaku untuk diterapkan pada calon tenaga kesehatan jika nanti sudah menjadi tenaga kesehatan) ini, diharapkan dapat memberi informasi tentang prospek profesi kepada para calon tenaga kesehatan Indonesia umumnya dan calon tenaga kesehatan lulusan FK UGM khususnya. Sehingga beberapa tahun lagi diharapkan berimbas pada peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

B. NAMA KEGIATAN
Nama kegiatan ini adalah “Seminar Nasional Sistem Jaminan Sosial Nasional 2014” dengan mengusung tema: “Era Baru Kesehatan (Bersama BPJS) dalam Kacamata Tenaga Medis”

TUJUAN KEGIATAN
a. Tujuan Umum
Menyebarluaskan informasi mengenai sistem Jaminan Kesehatan Nasional.
Membekali calon tenaga kesehatan dengan pengetahuan mengenai sistem Jaminan Kesehatan Nasional sehingga lebih peka mengenai perubahan sistem kesehatan saat ini.

b. Tujuan Khusus
• Mahasiswa atau calon tenaga kesehatan mampu mengetahui dan memahami tentang Jaminan Kesehatan Nasional, sehingga pada pelaksanaannya mahasiswa atau calon tenaga kesehatan dapat paham dan sadar akan hak dan kewajiban mereka.
• Memahami seluk-beluk Jaminan Kesehatan Nasional sehingga dapat menjalankan misi sebagai tenaga kesehatan sesuai dengan kebijakan yang berlaku
• Menciptakan kepekaan terhadap kebijakan yang berkaitan dengan dunia kesehatan, terutama kebijakan mengenai Jaminan Kesehatan Nasional

C. BENTUK KEGIATAN
a. Gambaran Kegiatan
Seminar Nasional SJSN 2014 akan dilaksanakan dalam beberapa rangkaian acara, yaitu:

Lomba Poster
• Lomba poster, video, dan fotografi yang bertemakan “Gerakan Menuju Sehat” akan dilakanakan mulai satu bulan sebelum pelaksanaan Seminar Nasional Sistem Jaminan Sosial Nasional 2014 sebagai bentuk inisiasi dan merupakan bentuk lain promosi, selain itu juga untuk meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap dunia kesehatan

Seminar Nasional SJSN
• Talkshow oleh 4 pembicara yang akan dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama mengenai gambaran Jaminan Kesehatan Nasional yang telah dan akan berlangsung, sesi kedua untuk pembicara dari tenaga medis yang akan membahas Jaminanan Kesehatan dari sudut pandang tenaga medis.

b. Sasaran Kegiatan
Mahasiswa fakultas kesehatan dan calon tenaga medis meliputi dokter, perawat, ahli gizi, serta tenaga medis lainnya, dalam ruang lingkup nasional.

TARGET YANG DIHARAPKAN
Seminar Nasional Sistem Jaminan Sosial Nasional 2014 akan diikuti oleh 300 peserta dari sasaran kegiatan

D. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan Seminar Nasional Ketenagakerjaan 2014 dilaksanakan pada :
hari, tanggal : Sabtu, 22 November 2014
waktu : 08.00-13.00 WIB
tempat : Auditorium Fakultas Kedokteran UGM

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.