Forum ASDOS (MSC)

Forum Asisten Dosen 2014 merupakan kegiatan forum bebas yang menghadirkan asisten dosen dari berbagai departemen di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada yang meliputi, Departemen Keterampilan Medis, Departemen Anatomi, Departemen Biokimia, Departemen Patologi Anatomi, Departemen  Histologi dan Departemen Patologi Klinis. Pada kegiatan ini akan disampaikan mengenai bagaiamana alur penerimaan, seleksi, tips untuk menghadapi seleksi pemilihan Asisten Dosen, serta bagaimana gambaran ketika sudah diterima sebagai asisten dosen pada masing-masing departemen.

Panitia penyelenggara acara merupakan anggota MSC bidang Kajian Kedokteran, gabungan antara angkatan 2012 dan 2013, dengan ketua panitia oleh Rama Iqbal Mahendra (2013). Persiapan penyelenggaraan acara terbilang cukup matang, bisa dibilang sekitar lebih kurang 1 bulan sebelum acara. Para panitia juga sering mengadakan rapat untuk mendiskusikan detail acaranya.

Forum Asisten Dosen ini telah dilaksanakan pada hari minggu, 20 April 2014 dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, bertempat di Ruang Kuliah Lantai 2 Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Narasumber yang akan memberi materi adalah beberapa asisten dosen dari 6 departemen di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, yaitu Andreas Wahyu Wicaksono dan Sondang Harzewinkel Singian (Departemen Anatomi), Muhammad Audi Muttaqin, Helsi Rismiati, dan Primady Harris (Departemen Histologi), Zulfikar Ihyauddin dan Faranisa Kusuma Dewi (Departeman Keterampilan Medis), Muhammad Rahmadhan Al-Reno dan Iqbal Fahmi (Departemen Patologi Anatomi), Nova Yuli Prasetyo dan Andika Ilham Rahmatullah (Departemen Patologi Klinik), dan terakhir Hanan Ashrafi Noviandani dan Abdullah Syafiq Edyanto (Departemen Biokimia). Masing-masing departemen diberikan kesempatan untuk presentasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan asisten dosen, mulai dari mekanisme perekrutan hingga tugas-tugas yang diberikan saat menjabat sebagai asisten dosen.

Pada hari pelaksanaan, kegiatan disambut baik oleh peserta, hampir sebagian besar peserta memenuhi target yang ditentukan. Pembukaan diawali dengan do’a bersama dan sambutan dari ketua panitia, selanjutnya langsung masuk ke acara inti, yaitu presentasi dari masing-masing departemen. Kegiatan pun berlangsung dengan baik. Para peserta cepat tanggap dengan presentasi dari masing-masing asisten dosen. Disela-sela pergantian presentasi dari departemen, ada 2 pertanyaan yang diajukan kepada peserta. Peserta cukup antusias, tidak sedikit yang bertanya dan memberikan tanggapan. Selain itu, ada juga 6 buah doorprice bagi 6 penanya beruntung. Kolaborasi antara asisten yang memberikan presentasi dengan sedikit hiburan dan peserta yang menyimak presentasi dengan tatapan penuh pertanyaan dapat menghidupkan suasana pada hari pelaksanaan kegiatan, bisa dibilang tidak membosankan, namun juga tidak menegangkan. Diakhir acara, kegiatan juga ditutup dengan do’a bersama dan pemberian plakat serta sertifikat kepada masing-masing asisten dosen, dan tidak lupa juga foto bersama. Panitia acara juga tidak lupa meminta kontak yang bisa dihubungi dari asisten dosen, agar peserta juga dapat dengan mudah menggali informasi yang sekiranya tidak didapat pada saat kegiatan berlangsung.

Dari kegiatan yang telah dilakukan, yang diharapkan bukan hanya acara berjalan dengan baik, tetapi manfaat apa yang didapat setelah mengikuti acara ini. Oleh karena itu, kembali lagi ketujuan utama dari penyelenggaraan forum ini yaitu memberikan informasi seluas-luasnya mengenai asisten dosen di masing-masing departemen, dengan harapan para peserta dapat dengan mudah menggali informasi dan mempersiapkan diri sesuai minat dan  bakat mereka pada departemen yang mereka kehendaki.

 

-Divisi Kajian Kedokteran-