Kegiatan KMHD

Untuk tahun ini, KMHD FK UGM memiliki 2 kegiatan dengan RKAT dan 3 Kegiatan Non-RKAT. Kegiatan ber-RKAT yaitu : Dhanvantari Silent Day Ceremonial Event 2014 (Sudah terlaksana) dan Tirtayatra Pengakraban (2014). Sedangkan yang tidak ber-RKAT yaitu : KSS 2014, Nyepi Kampus 2014 dan Persembahyangan Bulanan.

 

  1. Dhanvantari Silent Day Ceremonial Event (Sudah Terlaksana) – RKAT

Merupakan peringatan tahun baru Hindu, dalam rangka menyambut hari raya ini banyak dilakukan kegiatan diantaranya Melasti, Tawur Agung, dan Dharma Santi. Maka dari itu KMHD FK UGM turut ambil andil dalam memeriahkan hari suci ini secara internal dengan melakukan wisata Rohani menuju Candi Cetho Solo. Hal ini selain bertujuan untuk melakukan perjalanan rohani, juga bertujuan untuk meningkatkan solidaritas keluarga mahasiswa Hindu Dharma se-Jogja, khususnya se-UGM.

 

  1. Tirtayatra Pengakraban (2014) – RKAT

Seiring dengan regenerasi anggota KMHD FK UGM dari tahun ke tahun yang telah berjalan selama ini, pada umumnya anggota KMHD FK UGM berasal dari luar Jogja seperti Bali, Lombok, dan Lampung. Oleh karena itu diperlukan pengenalan yang bersifat kerohanian sebagai salah satu adaptasi di pulau Jawa. Tirta Yatra merupakan suatu perjalanan untuk memperoleh suatu pengetahuan agama yang suci serta mengetahui sejarah suatu tempat suci. Bentuk kegiatan berupa kunjungan ke Pura yang ada di Jawa dan bangunan bersejarah lainnya. Mendengarkan sejarah dari masing masing tempat suci tersebut serta melakukan persembahyangan atau ibadah bersama. Tujuan dari program ini adalah untuk membina mental, rohani dan spiritual anggota agar terarah dan terpadu.

 

  1. Nyepi Kampus 2014 (Sudah Terlaksana) – Non RKAT

Merupakan program gabungan dengan KMHD UGM. Acara Nyepi Kampus merupakan rangkaian acara yang diadakan oleh KMHD UGM untuk merayakan hari raya nyepi. Adapun yang berperan dalam  menyukseskan acara ini adalah warga hindu di kawasan UGM. Tidak lupa acara ini juga turut berpartisipasi untuk turun ke warga hindu yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya.

 

  1. KSS 2014 (Kirtanyah Sabha Saraswati) – Non RKAT

Merupakan acara penyambutan mahasiswa baru Hindu UGM. Merupakan acara rutin yang dilaksanakan oleh KMHD UGM bekerja sama dengan KMHD FK UGM yang merupakan bagian dari KMHD UGM. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan bagaimana UGM itu sendiri dan memperkuat kehidupan kehinduan teman-teman mahasiswa baru UGM.

 

  1. Persembahyangan Bulanan

Merupakan agenda rutin dari KMHD untuk melakukan persembahyangan setiap bulannya.