Raker dan Makrab Awal Tahun (MSC)

Rangkaian ini terdiri dari rapat kerja awal tahun, perayaan ulang tahun MSC yang ke 6, farewell pengurus MSC 2013, serta malam keakraban MSC 2014. Kegiatan ini merupakan awal dimulainya kegiatan-kegiatan MSC setelah regenerasi kepengurusan dan proses rekruitmen anggota baru MSC. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 1-2 Maret 2014.

Kegiatan dimulai pada hari Sabtu, 1 Maret 2014 pukul 08.00 WIB dengan berkumpul di ruang kuliah Gedung Radiopoetro FK UGM untuk melaksanakan rapat kerja awal tahun. Rapat ini membahas rencana program kerja yang akan dilaksanakan selama satu tahun kepengurusan dari masing-masing pengurus harian dan kepala bidang. Tujuan rapat ini adalah untuk mempersiapkan program kerja MSC selama 1 tahun kedepan dan sebagai wadah keterbukaan informasi bagi seluruh anggota MSC. Rapat kerja awal tahun ini dimulai dengan presentasi dari bidang Akademik PD, kemudian dilanjutkan presentasi bidang Akademik IK, Akademik GK, Penelitian, Jaringan dan Media, MSC Corp, Kajian Kedokteran, PSDM, Bendahara, Sekretaris, Wakil Ketua, Serta Ketua MSC. Masing-masing bidang diberi waktu 15 menit untuk presentasi dan tanya jawab. Rapat kerja diakhiri dengan pembacaan sumpah Pengurus Harian MSC yang baru.

Setelah jeda sejenak, pukul 11.00 WIB kegiatan dilanjutkan dengan perayaan hari ulang tahun MSC yang ke 6. Sebenarnya uang tahun MSC bertepatan dengan liburan akhir semester 3 yaitu tanggal 14 Februari. Untuk itu perayaan HUT ini disatukan dengan rangkaian kegiatan lainnya yang harus diadakan diawal kepengurusan. Selain anggota MSC sendiri, kegiatan ini juga mengundang presiden mahasiswa dan wakil-wakil BSO FK UGM. Namun karena bertabrakan dengan beberapa acara lain di FK maka tidak semua undangan dapat hadir dalam kegiatan ini.

Perayaan HUT MSC dimulai dengan sambutan dari ketua MSC dan perwakilan BEM FK UGM. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemutaran video tentang MSC. Setelah itu dilakukan pemotongan tumpeng setelah didahului pembacaan doa. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemutaran video yang berisi ucapan selamat ulang tahun dari lembaga/BSO lain di FK UGM.

Setelah istirahat shalat dan makan-makan nasi kuning acara dilanjutkan dengan farewell pengurus MSC 2013. Kegiatan ini bertujuan sebagai wujud apresiasi terhadap pengurus harian dan kepala bidang MSC periode sebelumnya yang telah selesai menjalankan tugas dan tanggung jawabnya selama 1 tahun kepengurusan. Acara farewell ini diisi dengan penyampaian sepatah kata dari anggota MSC yang diwakilkan oleh Ketua MSC 2014, kemudian dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan. Setelah penyampaian perpisahan dari pengurus harian sebelumnya, acara dilanjutkan dengan pemutaran video farewell, pembacaan nominasi PH ter-, kemudian penutupan.

Selesainya farewell menjelang sore hari tersebut digunakan anggota baru MSC untuk mempersiapkan perjalanan menuju desa Kabrengan, Pangkah, Srimulyo, Piyungan, Bantul sehubungan dengan rangkaian acara selanjutnya yaitu malam keakraban (makrab). Perjalanan dilakukan pada sore hari selepas Ashar menggunakan bus.

Sesampainya ditempat makrab, semua anggota MSC dipersilakan istirahat dan bersih-bersih diri. Acara dimulai setelah makan malam dan shalat dan diawali dengan sharing bersama alumni MSC. Kemudian setelah ice breaking, acara dilanjutkan dengan pemberian motivasi dan pembekalan kepada anggota baru MSC. Sebelum tidur, acara ditutup dengan penampilan pentas seni dari masing-masing kelompok makrab. Pentas seni diisi dengan menyanyi, menari, penampilan drama dan lain-lain.

Malam harinya, menjelang dini hari ketika peserta tidur, panitia makrab mempersiapkan tempat untuk kegiatan pelantikan. Setelah itu peserta dibangunkan dan diminta berjalan menuju tempat pelantikan dengan mata tertutup dan secara berantai menyampaikan pesan dari 1 pos ke pos yang lain kepada teman sekelompoknya. Sampai diujung, semua peserta berbaris dengan diterangi cahaya lilin untuk kemudian menyampaikan pesan berantai tersebut. Pesan tersebut oleh panitia kemudian diterjemahkan ke dalam pesan-pesan makna keakraban yang disampaikan oleh ketua MSC. Acara dilanjutkan dengan pelantikan dengan pembacaan sumpah oleh ketua MSC yang ditirukan seluruh anggota baru MSC.

Pagi harinya, setelah olahraga dan sarapan peserta bersiap-siap untuk acara selanjutnya yaitu games dari pos ke pos. Acara games ini diisi dengan berbagai permainan oleh setiap kelompok makrab dengan penanaman nilai seperti kerjasama, konsentrasi, saling mengenal, dan lain-lain. Setelah berjalan dari pos ke pos, peserta kembali ke tempat utama makrab untuk game utama yaitu menyusun puzzle tersembunyi. Makna game ini adalah setelah puzzle tersusun sempurna, peserta akan tahu dibidang mana dirinya ditempatkan sekaigus teman-teman 1 bidangnya di MSC. Untuk itu acara dilanjutkan dengan kumpul masing-masing bidang dan pengenalan lebih dekat lagi dengan teman-teman dan kepala bidang.

Setelah seluruh rangkaian acara selama dua hari dilaksanakan, acara selanjutnya yaitu penutupan. Penutupan ini diisi dengan tukar kado oleh masing-masing peserta makrab, pemutaran video rangkaian rapat kerja-makrab, penanaman nilai keseluruhan oleh alumni MSC, penutup, dan foto bersama seluruh anggota MSC. Peserta kembali ke FK UGM pada sore harinya dengan menggunakan bus.

 

-Divisi PSDM MSC FK UGM-