Working with Project Child (SCOPE CIMSA)

Working with Project Child (SCOPE CIMSA)

photo 5

 

 

Kami dari SCOPE CIMSA UGM baru saja melaksanakan WWPC looh. WWPC itu merupakan akronim dari Working with Project Child! Ngapain aja sih kita kemarin? Yuk baca report dibawah ini 🙂

” Minggu, 23 Februari 2014 kemarin SCOPE CIMSA UGM punya acara yang menarik sekali bersama Project Child yang memiliki tujuan yang mulia yaitu untuk membantu sesama. SCOPEOPLE dan para volunteer dari Project Child datang ke Kricak Kidul pada pukul 09.30 untuk menyiapkan dua tempat diadakannya acara utama WWPC yang merupakan pemberian materi ke anak-anak Kricak Kidul dan pemeriksaan gratis bagi orang tua mereka. Antusiasme dapat dirasakan pada atmosfer Kricak Kidul pagi itu yang berasala baik dari anak-anak, SCOPEOPLE, maupun para volunteer.

WWPC ini dimulai pukul 10.00 tepat dengan diberikaan pembukaan dari Kak Aya yang merupakan representative dari Project Child, Annisa Maharani yang merupakan Project Officer dari WWPC, serta dr. Didik yang akan menangani pemeriksaan gratis. Lalu, ada Ice Breaking yaitu banana dance yang dinyanyikan dengan lancar oleh para anak-anak dan SCOPEOPLE.  Anak-anak yang datang untuk bermain dan belajar berjumlah sekitar 30 pasang mata kecil yang dibagi menjadi beberapa grup yang masing-masing ditangani oleh 2 SCOPEOPLE dan 1 bule dari Project Child. Materi pertama yang diberikan adalah review materi WWPC 2013 yaitu cara menggosok gigi dan cuci tangan yang benar. Lalu, dilanjutkan dengan games tanya jawab dari kakak-kakak SCOPE supaya materi yang diberikan tidak terlalu monoton. Materi berguna selanjutnya adalah mengapa air penting bagi kehidupan dan akibatnya jika terdapat pencemaran air. Diharapkan adik-adik dapat menggunakan air secara lebih bijak. Setelah itu, dihitung BMI oleh kakak-kakak SCOPE untuk menentukan tingkat gizi adik-adik Kricak Kidul, hasilnya akan dilaporkan ke Kak Aya yang akan melakukan program untuk meningkatkan tingkat nutrisi di Kricak Kidul. Hoam, siang pukul 12.00, adik-adik dan kakak volunteer merasa capai dan memutuskan untuk mengambil break sebentar. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian materi toilet training dan cara mandi yang baik dan benar.

Untuk acara pemeriksaan kesehatannya sendiri, SCOPE mengundang dr. Didik Heriyanto sebagai dokter yang akan memeriksa swarga-warga di Kricak Kidul, Yogyakarta. Animo warga Kricak Kidul ini cukup tinggi mengingat pemeriksaan kali ini berbeda dari tahun lalu dengan dibagikannya obat generik gratis juga (seperti parasetamol, salep hidrocortison, asam mefenamat, dan lain lain). Warga yang mendaftarkan berjumlah 56 orang dan pendaftaran ditutup pada pukul 12.00. Baik bapak-bapak maupun ibu-ibu rela menunggu ditengah teriknya matahari untuk diperiksa oleh dr. Didik. Setelah mendapatkan obat tersebut, ketika ditanya pendapatnya banyak yang mengatakan bahwa dokter yang memeriksa ramah, mbak dan mas mahasiswa juga menangani dengan baik, serta acara tahun ini jauh lebih baik daripada tahun kemarin. Pemeriksanan kesehatan dan pemberian materi selesai pada pukul 14.00. SCOPEOPLE yang berpartisipasi, volunteer dari Project Child, dan dr. Didik pada WWPC kali ini dapat dilihat sedikit lemas, tetapi terpancar senyum dan kebahagiaan dari wajah kami semua. ”

 

-Abida Hasna Laila (SCOPE CIMSA UGM 2012)-

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.