Gerakan Menuju Sehat (Games) Kawal JKN

Gerakan Menuju Sehat (Games) Kawal JKN

Gerakan Menuju Sehat #Games

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran

Universitas Gadjah Mada

“Inspiratif Mengabdi”

maskot games

Jaminan Kesehatan Nasional

Jaminan Kesehatan Nasional merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan pelayanan kesehatan bagi semua (Universal Health Coverage). Minimnya anggaran kesehatan di APBN menjadi salah satu alasan pemerintah menyelenggarakan JKN dengan sistem premi (iuran). Harapanya dengan adanya JKN maka seluruh masyarakat memiliki akses yang baik terhadap pelayanan kesehatan. Baik yang kaya, miskin, pejabat ataupun rakyat jelata akan diupayakan menjadi anggota asuransi JKN secara menyeluruh di 2019. JKN yang dikelola BPJS (Badan Pengelola Jaminan Sosial) ini merupakan suatu kesatuan dari Sistem Jaminan Sosial Nasional yang diintegrasikan dengan berbagai program jaminan lain di Indonesia.

Masyarakat Sudah Lelah Dibodohi

Meskipun di sana-sini banyak yang menyuarakan tentang JKN namun sangat disayangkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia belum banyak yang memahami apa itu JKN dan dampaknya bagi kehidupan masyarakat. Hal ini dikarenakan pemerintah kurang gencar melakukan sosialisasi terhadap masyarakat luas. Meskipun JKN sudah diterapkan per Januari 2014 namun Indonesia masih butuh waktu agar kebijakan ini benar-benar bisa berlaku secara menyeluruh.

Terlepas dari kurang sigapnya pemerintah dalam mensosialisasikan JKN kepada masyarakat, kita sebagai mahasiswa tak boleh tinggal diam. Kita tidak bisa serta merta menyalahkan pemerintah saja. Justru mahasiswa adalah orang-orang pilihan yang seharusnya mampu memberikan solusi ketika pemerintah kurang sigap dalam mengimplementasikan suatu kebijakan. Kita, mahasiswa telah dibayar dengan uang rakyat hingga akhirnya kita bisa mencicipi bangku kuliah. Sudah sepantasnya kita berbalas budi dan melunasi hutang kita kepada rakyat. Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah pencerdasan. Ya, pencerdasan mengenai JKN. Masyarakat sudah terlalu lelah untuk dibodohi. Masyarakat butuh informasi yang lebih jelas tentang suatu kebijakan, termasuk JKN. Jadi masyarakat tidak boleh hanya menerima mentah-mentah suatu kebijakan diterapkan tanpa mengetahui tujuan kebijakan tersebut dan informasi lebih mendalam lainnya agar nantinya masyarakat tidak merasa dirugikan.

Gerakan Menuju Sehat

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (BEM FK UGM) sebagai organisasi pergerakan mahasiswa di Fakultas Kedokteran UGM sudah seharusnya melakukan upaya pencerdasan akan JKN. BEM FK UGM berinisiatif membentuk sebuah gerakan, yakni Gerakan Menuju Sehat (Games) sebagai wujud nyata upaya pencerdasan tentang JKN. Pencerdasan tidak hanya dilakukan terhadap masyarakat awam, namun juga terhadap mahasiswa. Sebab tak sedikit pula mahasiswa yang paham akan JKN baru dari kulitnya saja, belum paham hingga mendalam.

Sejatinya JKN tidak hanya melulu berdampak di bidang kesehatan, namun juga berdampak terhadap segala aspek kehidupan. Sebab, masyarakat yang tidak sehat pasti tidak produktif. Jika masyarakat tidak produktif maka tak ada uang untuk memenuhi kebutuhan hidup yang layak, misalnya makanan bernutrisi. Jika nutrisi tak cukup, masyarakat pun mudah sakit. Begitu seterusnya, sakit-tidak produktif-tidak ada uang-miskin. Jadi lingkaran setan ini akan terus berputar dan yang bisa menghentikan hanyalah “kecerdasan masyarakat” itu sendiri. Sekali lagi, rakyat sudah terlalu lelah dibodohi. Harapannya dengan upaya pencerdasan melalui Gerakan Menuju Sehat (Games) ini, rakyat lebih melek terhadap JKN dan sadar bahwa JKN sangat berdampak pada semua aspek kehidupan.

Rangkaian Kegiatan Gerakan Menuju Sehat BEM FK UGM

Gerakan Menuju Sehat berisi serangkaian acara dari mulai Dies Natalis KMFK UGM hingga Seminar Nasional JKN (periode Juni-November 2014). Upaya pencerdasan (education) yang dilakukan dalam Gerakan Menuju Sehat ini dirancang agar berdampak bagi seluruh elemen masyarakat. Makadari itu edukasi yang dilakukanpun dikemas dalam berbagai pendekatan, yaitu hiburan (entertainment), formal, sosial, maupun media.

Dies Natalis KMFK UGM & Launching Gerakan Menuju Sehat

Dies Natalis KMFK UGM merupakan momentum untuk memperingati kelahiran Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM, bersamaan dengan itu Dies Natalis KMFK UGM 2014 juga menjadi awalmula terlahirnya sebuah Gerakan Mahasiswa FK UGM. Launching Gerakan Menuju Sehat dihadiri oleh segenap civitas akademika FK UGM (Mahasiswa, Lembaga Mahaiswa, Dekanat, Alumni), BEM KM UGM, BEM/LEM/DEMA/LM Fakultas se-UGM, BEM Fakultas Kedokteran se-Yogyakarta, Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia, Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia, Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia, dan Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia. Disinilah Games akan meluncur sebagai wujud kontribusi nyata bagi bangsa. Mengenai pengenalan awal ini harapanya Games bisa dikenal terlebih dahulu oleh civitas akademika FK UGM sebelum akhirnya mengedukasi masyarakat luas.

Medical Night Concert (MNC)

Medical Night Concert merupakan acara drama musikal di lingkungan FK UGM yang melibatkan Mahasiswa baik dalam pembuatan naskah, pemain, maupun penonton. MNC yang bersifat menghibur  juga membawa misi edukasi dalam rangka Gerakan Menuju Sehat. MNC ini akan menampilkan tontonan sehat yang memberikan gambaran pada penonton mengenai fenomena kesehatan di Indionesia, termasuk JKN.

Education Rilis

Rilis seputar Jaminan Kesehatan Nasional berfungsi untuk memberikan informasi bagi masyarakat luas tentang fenomena Jaminan Kesehatan Nasional berdasarkan hasil Kajian BEM FK UGM. Rilis akan dipublikasikan dalam 5 (lima) periode, yaitu mei, juni, september, oktober, dan november 2014.

Riset Polemik JKN di Masyarakat

Dalam rangka mengetahui berbagai polemik Jaminan Kesehatan Nasional di masyarakat, maka akan dilakukan riset oleh BEM FK UGM. Riset tersebut akan memberikan gambaran secara kuantitatif berbasis data tentang betapa kompleksnya masalah Jaminan Kesehatan Nasional di masyarakat.

Blow-up Media

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk upaya pencerdasan melalui Games ini, salah satunya yakni pencerdasan melalui media. Ya, ketika media sekarang sudah tercemar oleh kepentingan-kepentingan tertentu, media BEM FK UGM berusaha menjadi media yang kritis, kreatif, dan berpihak pada kebenaran. BEM FK akan terus mengawal isu JKN ini. Banyak hal yang bisa dilakukan, yang pertama yakni menciptakan maskot Games. Rasanya ada yang kurang jika suatu gerakan tidak memiliki maskot. Maskot ini adalah gambaran visual yang representativ dari gerakan ini. Kemudian BEM FK akan memblow-up isu JKN melalui media sosial, infografis, video propaganda, serta menyajikan artikel-artikel tentang JKN dengan cara yang kreatif agar target yang akan dicerdaskan (masyarakat awam dan mahasiswa) lebih aware terhadap isu JKN.

FK Berkunjung

FK Berkunjung ke alumni, dosen, dekanat, dan berbagai institusi merupakan sarana menyebarkan informasi (edukasi) seputar Jaminan Kesehatan Nasional melalui pendekatan kultural. Dalam kunjungan tersebut akan ada penyampaian dan/atau berdiskusi  kepada pihak yang dikunjungi mengenai fenomena Jaminan Kesehatan Nasional.

MEP (Medicopreneur Product)

Selain edukasi melalui berbagai event, BEM FK UGM juga melakukan edukasi melalui berbagai product yang dijual. Product (merchendaise) akan memuat kata-kata komunikatif yang merujuk pada peningkatan kesadaran masyarakat mengenai berbagai persoalan kesehatan di Indonesia, termasuk JKN.

KMFK in Action

Merupakan aksi nyata yang melibatkan BEM FK UGM, Lembaga Mahasiswa (Himaprodi, Badan Eksternal, BSO) di FK UGM. Dalam KMFK in Action segenap elemen KMFK bersatupadu mensosialisasikan Jaminan Kesehatan Nasional di tengah masyarakat, yaitu di pusat keramaian Yogyakarta. KMFK in Action merupakan sebuah rekayasa sosial yang menggiring Masyarakat untuk peduli terhadap JKN dan sekaligus warga KMFK UGM untuk tahu lebih dalam mengenai JKN.

Seminar Nasional JKN

Tahun 2014 merupakan tahun politik yang krusial bagi berbagai bidang kehidupan, termasuk kesehatan. Pergantian pemangku kebijakan dapat berpengaruh pula bagi kebijakan itu sendiri. Termasuk dalam kebijakan JKN, pergantian Menteri Kesehatan RI memungkinkan adanya perbedaan kebijakan baik secara general maupun teknis. Makadari itu BEM FK UGM berusaha menghadirkan Menteri Kesehatan RI 2014-2019 guna mengorek informasi kebijakan seputar JKN yang akan diterapkan di periode jabatanya. Dengan demikian kami mengusahakan hak-hak rakyat untuk mendapat pelayanan kesehatan yang layak bisa terwujud.

 Srimart (Srimartani Smart)

Desa Srimartani adalah Desa Binaan KMFK UGM yang telah memiliki sedikitnya tiga program Community Development yaitu Rumah Bebas Asap Rokok, Bank Sampah, dan Pilah Sampah. Prestasi program Community Development di Desa Srimartani sudah sangat baik. Antara lain program Rumah Bebas Asap Rokok yang pernah memenangkan Indonesian MDG’S Award 2013 dari Kantor Utusan Kepresidenan untuk MDG’S serta memenangkan The Best Sosial Project dari Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia mengalahkan 72 Fakultas Kedokteran lain se-Indonesia.  Selain itu program Bank Sampah juga berhasil menjadi Finalis dalam Indonesian MDG’S Award 2014. Di tengah prestasi itu ternyata ada hal yang sangat penting yang belum diketahui oleh warga Desa Srimartani, yaitu JKN. Berkaitan dengan rendahnya pengetahuan masyarakat setempat tentang Jaminan Kesehatan Nasional tersebut. Maka, BEM FK UGM bermaksud melakukan sosialisasi seputar JKN kepada seluruh masyarakat di Desa Srimartani Kabupaten Bantul.

Selain agenda  diatas BEM FK UGM sebisa mungkin akan berusaha menyisipkan informasi seputar JKN melalui agenda-agenda lain, diantaranya PPSMB, Medschool of Leaders KMFK, Project Gabungan Komite Merger KMFK, Mimbar Inspirasi dan lain sebagainya.

Download Buletin #Games : http://t.co/esi2TwLD5X